::
Start
sumber informasi dan persahabatan

Navbar3

Search This Blog

Senin, 29 Oktober 2012

7 cara Keluar dari Kesulitan Hidup ala Rasulullah Saw



Beberapa hari yang lalu saya sempat berdiskusi dari beberapa orang teman mengenai Konsep Rezeki. Setelah cukup alot akhirnya sampai pada satu kesepakatan bahwa rezeki itu murni dari Allah swt. Untuk membahas lebih lanjut terkait dengan rezeki insya Allah saya akan posting dilain waktu. Termasuk kesalahpahaman banyak orang terkait dengan memahami persoalan rezeki. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa tips untuk keluar dari kesulitan hidup Ala Rasulullah saw yang saya sarikan dari buku Agar Bekerja Menuai Berkah Karya Syamsuddin Ramadlan Al-Nawiy.

Meskipun rezeki ada di tangan Allah swt, namun demikian, Allah swt dan RasulNya telah memberikan beberapa kiat untuk mendapatkan kemudahan dalam memperoleh rezeki Allah swt, dan keluar dari kesulitan hidup. Al-Qur'an dan Sunnah telah menjelaskan masalah ini sangat jelas dan gamblang. Adapun beberapa tips sebagai berikut :

1. Mengadu dan Berharap Hanya Kepada Allah. swt

Diantara kiat-kiat agar kita terjauh dari kemiskinan adalah mengadukan keadaan kita kepada Allah swt, dan hanya berharap kepadaNya. Dalam sebuah hadits diriwayatkan, bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:

"Barangsiapa tertimpa kemiskinan, kemudian ia mengadukannya kepada sesama manusia, maka tidak akan tertutup kemiskinannya itu. Namun, siapa saja yang mengadukannya kepada Allah, maka Allah akan memberikannya rezeki, baik segera ataupun lambat" (HR. Abu Dawud dan Tarmidzi, Abu 'Isa berkata hadits ini hasan shahih gharib).

2. Bertaqwa Kepada Allah

Ketaqwaan adalah kunci untuk mendapatkan kemudahan dari Allah swt. Allah swt telah berfirman :

"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluan(nya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (Al-Thalaq:2-3)

3. Memperbanyak Istighfar Kepada Allah

Ada beberapa kiat praktis yang diajarkan oleh Rasulullah saw, agar seseorang mendapatkan kelapangan dan kemudahan hidup. Dalam musnad dituturkan sebuah riwayat, bahwasanya Ibnu 'Abbas berkata :

"Rasululullah saw bersabda, "Barangsiapa memperbanyak istighfar, maka Allah swt akan menjadikan setiap kesulitan kelapangan, dan setiap kesempitan jalan keluar, dan Allah akan memberikan rejeki dari jalan yang tidak pernah disangka-sangkanya".

4. Sabar dan memperbanyak membaca La haula wa laa Quwwata illa Billahi

Sabar dan memperbanyak bacaan la haula wa laa quwwata illa billahi merupakan jalan keluar dari kesulitan dan kesedihan.

5. Beribadah Sepenuhnya Kepada Allah swt

Bila seseorang selalu berorientasi ibadah kepada Allah swt dalam setiap amal perbuatannya, maka Allah memberikan pertolongan dan rejeki dari jalan yang tidak diduga-duga. Al-Hasan meriwayatkan dari'Imran bin al-Hushain, bahwasanya Rasulullah saw bersabda : "Barangsiapa yang beribadah sepenuhnya kepada Allah, maka Allah swt akan memberikan pertolongan (ma'munah) dan rejeki dari jalan yang tidak pernah disangka-sangka. Namun, siapa saja berusaha sepenuhnya untuk kehidupan dunia, maka Allah swt akan menyerahkan urusannya kepada dunia".

6. Tawakal Kepada Allah

Tawakal adalah menyerahkan diri dan bersandar sepenuhnya kepada Allah swt. Akan tetapi, tawakal tidak identik dengan tindakan pasif dan fatalis, dan terjauh dari kerja serius. Tawakal juga tidak identik dengan berserah dirinya seseorang kepada Allah setelah ia melakukan usaha; atau berusaha terlebih dahulu baru tawakal. Akan tetapi, tawakal adalah memenuhi seluruh kaedah sebab akibat yang telah digariskan oleh Allah swt dan RasulNya, sejak sebelum memulai pekerjaan sedang dan hingga selesai melakukan usaha.

7. Gemar Bersedekah dan Memudahkan Urusan Orang Lain

Rasulullah saw bersabda : "Allah swt berfirman, "Nafkahkanlah harta kekayaanmu, niscaya kamu akan diberi gantinya". (HR. Bukhari dan Muslim)

Inilah beberapa tips yang diajarkan Rasulullah Saw, agar seseorang bisa keluar dari kesulitan hidup. Akan tetapi, tips di atas harus dibarengi dengan usaha dan kerja yang serius. Sebab, Allah swt juga memerintah kaum Muslim untuk bekerja dan berusaha semaksimal mungkin, dan selalu memperhatikan prinsip tawakal dan halal haram.

0 komentar: